Mastodon
Travel

Pesawat Kargo Terbesar di Dunia Sukses Mendarat di Bandara Kertajati, Angkut Mesin Pabrik Buatan AS



TRIBUN-VIDEO.COM – Sebuah pesawat kargo udara Antonov 124-100 terpantau mendarat dan membongkar muatannya di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Rabu (22/3/2023).

Pesawat kargo jumbo tersebut dikabarkan sedang mengangkut mesin-mesin pabrik pesanan PT Chandra Asri Tbk (TPIA), Cilegon, milik taipan Prajogo Pangestu yang dipesan dari Amerika Serikat.

Mengutip Kontan, pesanan mesin-mesin pabrik dari AS tersebut berkaitan dengan peningkatan kemampuan produksi pabrik petrokimia milik Chandra Asri Tbk.

Pesawat kargo Antonov 124-100 yang disewa oleh Chandra Asri ini terbang (take off) dari Houston pada Selasa (21/3/2023) waktu Amerika Serikat.

Sebelum mendarat di Bandara Kertajati, pesawat Antonov 124-100 ini sempat singgah di Bandara Nagoya, Jepang untuk mengisi bahan bahan bakar.

Chandra Asri menggunakan jasa perusahaan logistik dan kargo udara, PT Kurhanz Indonesia, untuk pengiriman kargo udara yang menggunakan Antonov 124 tersebut.

Mengacu pada unggahan akun Instagram resmi Bandara Kertajati (@infobijb) pada Kamis (23/3/2023), pesawat kargo raksasa itu mendarat di Bandara Kertajati tepat pukul 14.41 WIB.

Usai membongkar muatan dan mengisi bahan bahan, Antonov 124-100 dengan nomor registrasi UR-82007 itu take off pukul 18.12 WIB.

Pengelola Bandara Kertajati menyatakan bahwa mendaratnya Antonov 124-100 ini membuktikan bahwa bandara terbesar kedua di Indonesia ini siap didarati oleh pesawat kargo terbesar dunia.

“Tentunya, dengan mendaratnya pesawat kargo terbesar di dunia di Bandara Kertajati mampu untuk menampung pesawat berbadan lebar, dan akan menjadi magnet ekonomi daerah,” tulis pengelola Bandara Kertajati dalam akun Instagram resminya.

Beberapa waktu sebelumnya, Bandara Kertajati juga dikabarkan telah disinggahi oleh pesawat Antonov 124-100.

Namun pesawat tersebut hanya transit sejenak guna mengisi bahan bakar dalam perjalanannya dari Melbourne Australia ke Nagoya, Jepang.

Saat ini pesawat-pesawat buatan Antonov dijuluki Slon alias Si Gajah. Pabrikan pesawat udara yang berpusat di Kyev, Ukraina, itu memiliki dua andalan pesawat gigantik produksinya, yakni Antonov 124 dan Antonov 225.

Antonov 225 Mriya merupakan pengembangan dari seri Antonov 124 dan kini tercatat sebagai peringkat pertama pesawat kargo udara terbesar di dunia.

Pesawat ini hanya sempat diproduksi satu unit dan kini dikabarkan sudah hancur akibat perang Rusia-Ukraina.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pesawat Kargo Antonov 124-100 Mendarat di Kertajati, Angkut Mesin Pabrik Chandra Asri dari AS, https://www.tribunnews.com/bisnis/2023/03/24/pesawat-kargo-antonov-124-100-mendarat-di-kertajati-angkut-mesin-pabrik-chandra-asri-dari-as?page=2.

Editor: Choirul Arifin

Write A Comment